Istilah bauran pemasaran digunakan pertama kali oleh Neil Borden (1964) yang
terinspirasi dari gagasan James
Cullington (1948). Gagasannya adalah bahwa seorang eksekutif bisnis berperan sebagai 'mixer of
ingredients'. Borden (1964) menyusun daftar elemen bauran pemasaran yang terdiri atas 12 aspek.
Daftar tersebut kemudian disederhanakan dan dipopulerkan oleh Jerome McCarthy (1968) ke dalam empat
aspek pokok: Product, Price, Place, dan Promotion,
yang kemudian dikenal dengan istilah 4P.
Kritik terhadap 4P telah mendorong sejumlah pakar pemasaran
mengemukakan model bauran pemasaran yang baru, di antaranya model 7P Service
Marketing Mix (Booms & Bitner, 1981) dan model bauran pemasaran holistic
marketing (Kotler & Keller, 2006). Hingga saat ini, model 4P masih
tetap paling populer dan menjadi elemen kunci dalam sebagian besar literatur
pemasaran. Manajer pemasaran akan mengambil pendekatan tergantung pada industri dan target rencana pemasarannya.
5P adalah seperangkat
taktik pemasaran yang diakui, yang dapat Anda gunakan dalam setiap kombinasi
untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran Anda. 5P dapat dikontrol, tetapi
dengan lingkungan pemasaran internal dan eksternal Anda. Menggabungkan taktik
pemasaran yang berbeda ini untuk memenuhi 'kebutuhan dan keinginan dikenal
sebagai menggunakan' pelanggan Anda bauran pemasaran taktis '.
1 1. Product
(Produk)
Produk mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang pelanggan Anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Ketika pemasaran produk Anda, Anda harus berpikir tentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris.
Anda dapat menggunakan penelitian dan pengembangan untuk menginformasikan pengembangan produk baru dalam bisnis Anda.
Produk mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk semua fitur, keuntungan dan manfaat yang pelanggan Anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasa. Ketika pemasaran produk Anda, Anda harus berpikir tentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkan, termasuk (namun tidak terbatas pada) styling, kualitas, perbaikan, dan aksesoris.
Anda dapat menggunakan penelitian dan pengembangan untuk menginformasikan pengembangan produk baru dalam bisnis Anda.
2
2. Price
(Harga)
Hal ini mengacu pada
strategi harga untuk produk dan jasa Anda dan bagaimana hal itu akan
mempengaruhi pelanggan Anda. Anda harus mengidentifikasi berapa banyak
pelanggan Anda siap untuk membayar, berapa banyak mark-up yang Anda butuhkan
untuk memenuhi biaya overhead, margin keuntungan Anda dan metode pembayaran,
dan biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan mempertahankan keunggulan
kompetitif Anda, Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan kemungkinan diskon
dan harga musiman.
3
3. Promotion
(Promosi)
Ini adalah kegiatan promosi yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai taktik pemasaran.
Ini adalah kegiatan promosi yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Anda, termasuk iklan, taktik penjualan, promosi dan pemasaran langsung. Umumnya ini disebut sebagai taktik pemasaran.
4
4. Place
(Tempat)
Tempat adalah di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi pelanggan untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan Anda.
Anda dapat mengatur diri Anda terpisah dari kompetisi Anda melalui desain ruang ritel Anda dan dengan menggunakan teknik visual merchandising yang efektif. Jika Anda tidak bisnis ritel, tempat ini masih merupakan bagian penting dari pemasaran Anda. Pelanggan Anda mungkin perlu perputaran pengiriman cepat, atau ingin membeli produk yang diproduksi secara lokal.
Jika Anda memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat akan menjadi taktik pemasaran kunci.
Tempat adalah di mana produk dan jasa Anda terlihat, dibuat, dijual atau didistribusikan. Akses bagi pelanggan untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan Anda.
Anda dapat mengatur diri Anda terpisah dari kompetisi Anda melalui desain ruang ritel Anda dan dengan menggunakan teknik visual merchandising yang efektif. Jika Anda tidak bisnis ritel, tempat ini masih merupakan bagian penting dari pemasaran Anda. Pelanggan Anda mungkin perlu perputaran pengiriman cepat, atau ingin membeli produk yang diproduksi secara lokal.
Jika Anda memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat akan menjadi taktik pemasaran kunci.
5
5. People
(Orang)
Orang merujuk kepada staf
dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk Anda. Ketika Anda
memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, Anda menciptakan pengalaman
positif bagi pelanggan Anda, dan dengan berbuat demikian memasarkan merek Anda
kepada mereka. Pada gilirannya, pelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan
berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah
kemenangan.
Pasarkan bisnis Anda
secara kompetitif dengan merekrut orang yang tepat, pelatihan staf Anda untuk
mengembangkan keterampilan mereka, dan mempertahankan staf yang baik.
Bauran pemasaran
7p
Bauran pemasaran jasa mencakup 7P
yakni: product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process.
Ketujuh unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain, sehingga harus diupayakan untuk menghasilkan suatu kebijakan pemasaran yang mengarah kepada layanan efektif dan kepuasan konsumen. Jadi di dalam bauran pemasaran terdapat variable-variabel yang saling mendukung satu dengan yang lainnya, yang kemudian oleh perusahaan digabungkan untuk memperoleh tanggapan-tanggapan yang diinginkan di dalam pasar sasaran. Kombinasi dari perangkat tersebut perusahaan dapat mempengaruhi permintaan akan produknya.
Alat bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk, yang merupakan penawaran berwujud perusahaan kepada pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk, merek, dan kemasan produk. Pelayanan pendukung tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar persaingan global.
Ketujuh unsur bauran pemasaran tersebut saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain, sehingga harus diupayakan untuk menghasilkan suatu kebijakan pemasaran yang mengarah kepada layanan efektif dan kepuasan konsumen. Jadi di dalam bauran pemasaran terdapat variable-variabel yang saling mendukung satu dengan yang lainnya, yang kemudian oleh perusahaan digabungkan untuk memperoleh tanggapan-tanggapan yang diinginkan di dalam pasar sasaran. Kombinasi dari perangkat tersebut perusahaan dapat mempengaruhi permintaan akan produknya.
Alat bauran pemasaran yang paling mendasar adalah produk, yang merupakan penawaran berwujud perusahaan kepada pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk, merek, dan kemasan produk. Pelayanan pendukung tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar persaingan global.
6. Physical evidence
Sarana fisik
(Physical Evidence), merupakan hal nyata yang turut mempengaruhi keputusan
konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Unsur
yang termasuk dalam sarana fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik,
peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya.
7 7. Process
Proses
(Process), adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran aktivitas yang
digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen proses ini memiliki arti sesuatu
untuk menyampaikan jasa. Proses dalam jasa merupakan faktor utama dalam bauran
pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan senang merasakan sistem penyerahan
jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
menurut
para, maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran atau marketing mix memiliki
elemen-elemen yang sangat berpengaruh dalam penjualan karena elemen tersebut
dapat mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian baik buat
produk barang maupun jasa.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bauran_pemasaran (Diakses 8 November 2017)
http://besswonomulyo.blogspot.co.id/2014/10/penerapan-5p-dalam-pemasaran.html (Diakses 8 November 2017)
http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-marketing-mix-4p-dan-7p.html (Diakses 8 November 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar